Rangkuman Pertemuan 3 (IL101)

Pertemuan 3 membahas tentang prototype dan prototyping.

PROTOTYPES adalah wakil dan bentuk maifestasi dari
ide-ide desain guna melihat dampak desain ke depan
sebelum desain tersebut dikembangkan.

PROTOTYPING adalah aktifitas pembuatan dan
pemanfaatan prototype di dalam proses desain.
Prototyping juga didefinisikan sebagai proses
pengembangan sebuah model dari sistem yang akan
dibangun.

Tujuan dari prototyping adalah:
-Untuk menemukan atau memperbaiki requirement.
-Sebagai inspirasi dalam ide-ide desain, khususnya dalam kolaborasi atau co-production dengan user.
-Untuk menguji kegunaan; untuk mendapatkan feedback perihal kegagalan dan kesuksesan desain/rancangan

Points yang harus diingat dalam penggunaan prototyping:

Prototyping harus bekerja ketika pengguna hanya dapat
berpartisipasi aktif dalam proyek.

Pengembang (Developers) harus memiliki pengalaman prototyping
yang baik atau dalam memberikan pelatihan tentang prototyping.

User terlibat dalam proyek tersebut juga harus memiliki pengalaman
tentang penggunaan dan tujuan prototyping.

Prototypes seharusnya menjadi bagian dari akhir sistem hanya jika
para developers diberikan akses ke prototyping support tools.

Jika ekspresimen dan pembelajaran diperlukan sebelum memenuhi
komitmen untuk sebuah proyek, prototyping dapat digunakan untuk
keberhasilan pengunaannya.

Prototyping tidak diperlukan jika pengembang sudah familiar with
the language yang pada akhirnya digunakan untuk desain sistem.

Leave a Reply